Pages

Saturday, September 26, 2015

Apa sih Sekolah Bayi (?)

Assalamualaikum wr wb..

Akhirnya mempercepat postingan tentang sekolahnya Kinan. Awalnya mau bikin rangkuman dari pengalaman kegiatannya Kinan di sekolah setelah melewati term 6 bulan ini. Kenapa dipercepat? Karena banyak pertanyaan yang diajukan ke kami tentang keputusan memasukkan Kinan ke sekolah bayi.

Kok anak baru 14 bulan udah dimasukkin sekolah? Kasian kali capek. (Waktu join umur Kinan masih 14 bulan).

Sekolah bayi tuh apa sih? belajar di kelas gitu? Emang udah bisa?

Sekolah bayi tuh kayak klinik tumbuh kembang anak gitu ya?

Mau stimulasi doang sampe disekolahin? Ibunya males dan gak kreatif nih.

Dan beberapa pertanyaan-pertanyaan lainnya. Ada yang mensupport. Ada yang menjudge. Ada yang netral. That's life!

Ok. Saya akan coba jawab dan jelaskan satu persatu dari perwakilan pertanyaan tadi. Ohiya, niat disini bukan mau ngebales nyinyiran orang2 ya. Iseng aja pengen ada bahan tulisan :D Gak deng. Saya emang mau meluruskan siapa tau malah selanjutnya terinspirasi. Siapa tau. Hehehe.

Sekolah bayi itu sebenernya lebih dikenal dengan baby gym. Mungkin urutannya itu baby gym - preschool - kindergarten - elementary, dst. Isinya ngapain aja? Main dan olahraga. Tok! Gak ada tuh belajar di kelas duduk dengerin guru. Yakaaaliiii. Belom bisa juga anaknya. Emaknya gak keliatan dari pandangan aja udah nangis. Biasanya baby gym dimulai dari umur 6 bulan. Jadi, kalo kinan masuk di 14 bulan, gak kecepetan dongggg. Hehehe. Kegiatannya banyak dan selalu didampingi orangtuanya di dalam kelas.

Gak ada keharusan atau punishment kalo anaknya gamau masuk kelas. Suka2 orangtua dan anaknya aja. Kalo kinan sih masih sering bolos dan gak full-in jatah kelas nya. Karna selain ayah ibu bisanya weekend doang, udah gitu kalo pas kinan ngantuk atau minta nenen, ya diutamain itu dulu. Kalo gak? Pernah nyoba sayaahh. Dan cukup sekali aja. Sebenernya saya yang gak peka, habis kelas berenang kinan sebenernya ngantuk, tapi ayahnya excited mau temenin masuk kelas karna baru pertama kali dampingin, biasanya saya. Ehhhhhh cranky abis dong anaknyaaaa. Udah coba gantian sama saya juga teuteup. Yowes kita ke nurseryroom. Baru beberapa menit anaknya langsung puless lesss. Dont wanna try this at twice! Jadiii, insya Allah kinan gak akan capek yang dipaksa saat berkegiatan di sekolah ini. Kalo capek setelah aktivitas mah wajar yaaa. Kalo anak kecil lg main di playground juga bs bikin capek kan? Ya sejenis itu aja cuma terjadwal.

Agak aneh sih sama yang menilai memfasilitasi kegiatan bermain dibilang ibunya males? Gak tau aja sih, kalo selama di kelas anak itu harus didampingin orangtuanya. Dan itu lebih capek dibanding anaknya kali. Bahkan mungkin lebih capek dibanding yang dampingin main sambil duduk doang. Kalo soal gak kreatif sih, masa orang gak kreatif disalahin. Kreatif itu subjektif. Kalo emang gak bisa, ya gabisa. Beda sama males atau rajin. Makanya, yang gak kreatif butuh fasilitator. IMO. Kalo ada ibu yang menyanggupi bisa maksimal mendampingi dan jadi mediator anaknya sendirian ya keren. Hebat. Salut!

Babygym beda banget dan bukan klinik tumbuh kembang. Yang saya tau. Baby gym itu sekolah non formal utk bayi yang bs menjadi fasilitator untuk semakin bugar, happy, semakin terasah motoriknya, dan terstimulasi. Ohiya satu lagi, tempat bayi belajar sosialisasi. Lagian, kalo buat kami, kegiatan kinan di sekolah bayi ini jadi salah satu kegiatan luar rumah yang kami sediakan. Kalo didalem rumah, tanggungjawab utamanya ada di saya sebagai ibu. Dan saya sampai detik ini selalu berusaha dampingin dan menyediakan kegiatan main bermanfaat di dalam rumah. Semoga konsisten!

Sudah hampir 2 bulan ini, Kinan join rockstar gym di kokas. Di level kelasnya kinan (1-2y), kegiatan yang dilakukan itu ada baby dance, baby jam, gymnastic, baby yoga dan swim. Saya akan buat satu postingan khusus bahas tentang kegiatan kinan di rockstar. Mungkin nanti mendekati akhir 6 bulan.

Semoga postingan saya kali ini bisa memberikan gambaran bagi para mommies tentang sekolah bayi. Tidak. Para bayi itu tidak disiksa disitu. Justru mereka super happy yang saya lihat. Semoga kinan pun begitu. Coba aja deh trial di salah satu babygym yang ada. Biar gak nebak2. Hehehe. Ini salah bentuk ikhtiar kami sebagai orangtua utk memberikan yang terbaik buat anak versi kami. We have our own parenting-policy! Bismillah...

Wassalamualaikum wr wb..

No comments:

Post a Comment