Pages

Tuesday, September 15, 2015

Kinan, nowadays ❤

Assalamualaikum wr wb..

Seperti gak ada habisnya kalo bahas si tangtingtung. Salah satu panggilan sayang dari ayahnya. Aneh ya. Iya :D

Bicara soal perkembangan anak, IMO, semua ibu kayaknya pernah deh secara gak sengaja bandingin anak sendiri sama yang lain. Walaupun tujuannya hanya untuk cek perkembangan anak kita udah sampe mana. Mungkin itu realisasi konkrit dari metode screening perkembangan anak. Karena di panduan screening perkembangan anak biasanya dikasih tau range umur sekian seharusnya sudah bisa ini itu, lalu anak kita sudah ada dimana. Kalau masih di bawah kebiasaan umurnya, dianjurkan melakukan stimulasi2 khusus. Good to read and identify! Googling aja screening perkembangan anak. Open minded tapi ya baca nya. Hehehehe.

Kinan sekarang sudah 15 bulan. Alhamdulillah, kinan sudah bisa jalan. Gigi nya ada 8 (4 atas 4 bawah). Tapi, kinan sudah punya gigi 8 kurang dari setahun seinget saya. Jadi sampai sekarang ini belum ada gigi tumbuh lagi. Padahal kalo liat gusinya udah sering kayak bengkak dan ada bercak2 putih tapi gak muncul2 tuh gigi yang lain. Kinan rambutnya masih belom lebat. Padahal sering saya kasih minyak kuikui itu loh yang kata testimoni di instagram sukses menyuburkan rambut anak2nya. Entah kenapa gak mempan di Kinan apa mitos itu benar kalo hamil suka pedes anaknya rambutnya gak lebat. Hahahaha yaudah lah, nanti mau dijilbabin juga kan. Pusing amat. Tsaaahhh (kinan anak sholehah, aamiin).

Dari segi karakter, sejauh ini Kinan lagi masuk fase cepet ngambek, gak mau kalah, gak bisa dilarang dan sensitif. Sempet berpikir apa ada yang salah ya sama pola asuh kita. Kok kinan kalo dilarang sesuatu bisa sampe nangis drama banget atau bahkan teriak. Awalnya saya tipe malas baca, karena saya malas bayangin kalo apa yang saya baca hasilnya bikin deg2kan. Tapi, makin kesini saya paksa diri harus baca apa yang harus saya lakukan dengan anak tipe begini begitu. Di umur 1-2y memang anak banyak yang mulai selfish, karena anak baru mulai sadar lingkungan dan sosialisasi. Dia akan menemukan hal2 dan lawan bicara yang lebih banyak. Dan gak semua bersedia menuruti kemauannya. Terutama anak sepantarannya. Hal paling sering terjadi adalah rebutan mainan. Ketika pendampingnya memberitahu kalo mainan ini bukan miliknya atau mainan ini harus berbagi, anak akan bereaksi. Ada yang bisa langsung menerima, ada yang malah berpikir dia tidak didukung. Hasilnya bisa sensitif kayak kinan contohnya.

Solusinya?

Pertama, saya harus belajar menerima apa adanya. Dengan menerima, saya jadi lebih fokus ke solusi gimana merubah karakter anak menjadi yang lebih baik. Bukan fokus ke kenapa anak saya begini begitu. Kedua, saya intropeksi diri sendiri. Ungkapan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, itu ada benarnya. Siapa tau anak begitu karena orangtuanya begini. Ketiga, saya harus belajar konsisten. Ini yang susah sih. Kadang cepet luluh sama tangisan anak. Harusnya saya lebih bisa terapin sejak dini mana yang boleh mana yang tidak. Keempat, meningkatkan kerjasama dengan orang2 terdekat yang sering bertemu sama Kinan. Saya berusaha selalu share info yang saya baca soal menangani anak begini begitu. Dengan harapan, siapapun yang lagi menghadapi kinan bisa menyikapinya seperti apa yang saya baca.

Yahhh semua yang saya paparkan disini basicnya memang teori. Gak semua bisa sukses saya lakukan. Banyak hambatan.

Disamping itu, alhamdulillah kinan tumbuh jadi anak yang cukup cepat beradaptasi khususnya kalo ada anak2 balita juga di tempat itu. Kinan cukup percaya diri walopun liat2 orang sekitarnya dulu sih. Kinan suka joget dan berenang. Lagi fasenya banyak meniru gerakan orang lain juga.

Motherhood is amazing lah pokoknya! Just share and care ya mommies

Wassalamualaikum wr wb..

No comments:

Post a Comment