Pages

Monday, October 12, 2015

Motherhood is a Heart Work

Assalamualaikum wr wb..

Beberapa hari lalu liat postingan dari indonesiamontessori.com tentang profile Bunda Fathan. Ibu yang juga seorang dokter dan istri dari seorang navy. Selain harus menjalankan tugas sebagai dokter dengan jadwal kerja yang shift2an, juga pastinya kegiatan2 sebagai istri navy. Tapi Bunda Fathan ini masih selalu menyempatkan diri siapin dan dampingin kegiatan bermain anak dirumah. Hebat! Salut!

Apa yang bikin saya tertarik dari artikel ulasan itu? Quote yang jadi title postingan kali ini jawabannya.

Ya. Motherhood is a heart work. Rasanya baru kali ini saya nemuin quote sakti dan makjleb. Hehehe. Jadi seorang ibu itu pekerjaan hati. Emosional seorang ibu adalah salah satu bekal dalam urus anak. Emosional disini bisa senang, sedih, terharu, kesel, sayang, dll. Pasti setiap hari nya bergantian aja tuh segala macam bentuk emosi saat mengurus anak. Jaga emosi agar tetap on the track pasti ga mudah. Jujur, saya sendiri juga suka kesel dan bete kalo liat kinan lagi tantrum. Apalagi kalo cuma berdua. Serba salah. Ditinggal sebentar kasian, didiemin nangis apalagi. Atau saya nya yang lagi tantrum. Hehehe. Kadang kan wanita suka moodswing ya, apa aja lah sebabnya bisa macem2. Biasanya kalo lagi ada ayahnya, dan mood saya lagi ga karuan, saya coba utarain ke ayahnya dan minta waktu sendirian dulu di kamar untuk me time. Bisa nonton tv, nonton dvd, bahkan minta waktu nyalon sendirian, dll. Cara itu lumayan ampuh bikin mood kembali normal. Anak gak liat kita uring2an. Dan anak juga ga ngerasa dicuekin karna ada ayahnya yang gantian temenin main.

Selain quote tadi, statement yang saya suka dari Bunda Fathan ini adalah dengan bilang kalau semua ibu adalah fulltime mother. Ya masa ada ibu halftime mother (?) Iya juga ya. Hahahaha. Apapun pekerjaannya, mau dokter, karyawan, guru, perawat, dll, pastinya itu semua hanya pekerjaan sampingan. Karena pekerjaan utama mereka adalah sebagai "Ibu". Deuh terharu bacanya. Ada juga seorang ibu open-minded yang mengutarakan itu dan saling menguatkan. Terlepas dari apapun rencana saya kedepannya, saya tetap berusaha gak mau mendiskreditkan siapapun. Dan bersyukur akan menjadi ibu yang pernah merasakan kedua tipe itu nantinya. Jika Allah menghendaki. Semoga bermanfaat untuk bekal ilmu yang saya ajarkan ke anak2 kelak.

Udah ah bahas beginian terus. Never ending problem!

Ohiya, belakangan saya lagi sering bikin kegiatan bermain seru dan mengedukasi buat Kinan. Terinspirasi dari IG nya @indonesiamontessori dan beberapa praktisi homeschool, rasanya ingin sekali saya terapin itu semua ke Kinan. Khususnya di masa usia dini (under 6y), mulai preschool nanti (over 3y). Tapi, jalanin homeschool pasti gak semudah teori yang saya baca. Masih suka goyah. Sekarang sih lagi tahap kumpulin info2 dan jadwal kegiatan homeschool usia dini. Sambil sosialisasiin ke keluarga. Itu lumayan jadi peer juga, karena belum pernah ada yang menerapkan, baik di keluarga saya ataupun suami. Supaya fair, saya juga tetap review sekolah2 paud sampai TK yang direkomendasikan di Bekasi. Well, at the end, lihat nanti aja deh. Saya mau fokus konsisten bikin kegiatan bermain Kinan dulu aja dirumah. Lagi semangat2nya karena banyak inspirasi dari para ibu2 lainnya juga. Happy mommy! Happy kid!

Wassalamualaikum wr wb..

No comments:

Post a Comment